Peluang Besar, Budidaya Koropedang Masih Minim

Peluang Besar, Budidaya Koropedang Masih Minim
Purworejo, CyberNews. Peluang pasar komoditas hasil pertanian koropedang ternyata masih terbuka luas. Pasalnya, komoditas ini cukup bagus sebagai bahan baku membuat tahu, tempe, kecap, susu, obat, bahkan bisa untuk bahan pembuatan biodiesel.

Hal itu dikemukan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir Dri Sumarno di sela-sela panen perdana koropedang di Desa Prumben, Kecamatan Gebang, Selasa (5/10).

“Banyak masyarakat yang belum tahu kegunaan koro pedang. Sehingga dianggap komoditas ini tidak memiliki nilai ekonomi tinggi. Padahal sebaliknya,” ujar Dri Sumarno.

Lebih lanjut diungkapkan Dri, pihaknya terus mendorong petani untuk membudidayakan koropedang agar produksinya di Kabupaten Purworejo meningkat. Apalagi Kabupaten Purworejo memiliki petugas penyuluh lapangan yang cukup banyak, sehingga petani bisa berkonsultasi langsung mengenai teknik budidaya tanaman ini.

Untuk mengakses pasar yang jelas, Distanhut Purworejo telah mengadakan kerjasama dengan pengusaha. Kabupaten Purworejo kini memiliki lahan budidaya koropedang seluas seratus hektare di sejumlah kecamatan. Pengusaha berani membeli koropedang asal Purworejo dengan harga Rp 2.300 per kilogram.

Dri mengakui produksi koropedang yang dibudidayakan petani di Kabupaten Purworejo belum optimal. Pada panen perdana yang dilakukan di Desa Prumben, produktifitas koropedang hanya mencapai rata-rata 5 – 6 ton setiap hektare.

“Jika dimaksimalkan, koropedang sanggup menghasilkan hingga sepuluh ton biji setiap hektare. Kondisi budidaya akan bagus jika mampu menghasilkan delapan ton biji setiap hektare,” ucapnya.
Suwantoro, konsultan dan pembeli koropedang mengatakan, kurang optimalnya produksi diperkirakan lantaran perawatan yang kurang intensif. Selain itu, masih dijumpai petani yang belum memupuk koropedangnya sesuai aturan. “Kemungkinan petani masih mengganggap koropedang tanaman yang mudah tumbuh dalam segala kondisi, tanpa perawatan khusus,” tandasnya.

( Nur Kholiq / CN13 )
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/10/05/66932/Peluang-Besar-Budidaya-Koropedang-Masih-Minim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: