Petani Temanggung Kembangkan Koro Pedang

Temanggung, CyberNews. Petani di sejumlah wilayah Kabupaten Temanggung mulai mengembangkan koro pedang, yakni jenis tanaman kacang-kacangan yang memiliki kulit berbentuk panjang menyerupai pedang. Paling tidak, pengembangan tanaman yang selama ini dikenal banyak dibudidayakan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut, telah dilakukan petani di wilayah tujuh kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Konsultan Pertanian dari Lembaga Damar Sindoro Sumbing Kandangan, Tri Barokah, hari ini (13/10), di kantornya, mengatakan, pihaknya sejak 2010 hingga saat ini, telah melakukan kerjasama sekaligus memberikan konsultasi terkait pengembangan koro pedang, kepada petani di beberapa desa di tujuh kecamatan tersebut. Sedangkan, areal lahan pertanian yang digunakan untuk pembudidayaan tanaman itu, luasannya bervariasi.

“Dari daerah di tujuh kecamatan tersebut, enam diantaranya telah melakukan penanaman benih koro pedang, bahkan ada yang sudah melakukan pemanenan. Adapun di satu kecamatan, yakni Parakan, tanaman itu baru mulai dikembangkan,” jelasnya.

Keenam kecamatan yang telah melakukan pengembangan itu adalah, Kecamatan Temanggung dengan luasan areal 35 hektare, kemudian Kranggan 2 hektare, Tretep 1 hektare, Pringsurat 0,4 hektare, dan Bansari 0,15 hektare. Di lahan-lahan pertanian daerah tersebut, tanaman koro pedang bisa tumbuh dengan baik, kendati beberapa lahan yang ditanaminya termasuk ketegori kurang air, pada musim kemarau ini.

“Salah satu keunggulan tanaman koro pedang ini, di samping perawatannya relatif mudah, juga tahan terhadap kekurangan air, karena memang tidak terlalu banyak membutuhkan air,” ujar dia, seraya menambahkan dalam waktu 4,5 hingga 5 bulan, tanaman koro pedang sudah dapat dipanen.

( Henry Sofyan / CN32 / JBSM )

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/10/13/99013/Petani-Temanggung-Kembangkan-Koro-Pedang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: